Senin, 07 Maret 2011

Matryoshkas, boneka kopong unik dari Rusia

Matryoshkas pertama di dunia

Hai agan2 !! Ane mau share inpoh nih tentang kebudayaan negara misterius yang dulu sempet perang dingin sama USA..
Negara itchuh adalaaaah.. RUSIAAAA!!!

Salah satu hasil kebudayaan Rusia yang terkenal adalah Matryoshkas, yakni boneka unik dari kayu yang dalemnya kopong, bisa dibelah, dan bisa diisi dengan Matryoshkas junior yang ukurannya lebih kecil dan mukanya beda-beda.

Matryoshkas dibikin taun 1890 sama Om Vasily Zvyozdochkin dengan disain dari Sergey Malyutin. Si Malyutin ini yang ngecat itu boneka. Dia diinspirasi sama boneka Jepang yang namanya 'Tujuh Dewa Keberuntungan' (kapan2 ane bikin threadnya). Matryoshkas yang Malyutin bikin awalnya cumang 8 biji. Ceritanya itu cewek lagi megang burung gagak, trus boneka kedua didalemnya itu cewek juga, boneka ketiga itu cowok, sisanya anak bayi.

Taun 1900, istrinya Savva Mamontov ngebawa boneka-boneka itu ke sebuah pameran di Paris. Eh, ga taunya menang dan dapet medali perunggu. Nah, dari situ deh Matryoshkas jadi terkenal dan dibikin di beberapa tempat di Rusia.

Bentuk klasik dari Matryoshkas yaitu dengan kepala bunder dan badan yang silindris. Jumlah juniornya juga ga ada aturan khusus, tapi secara tradisional biasanya sih cuma 5. Matryoshkas juga ga punya tangan dan kaki, kecuali kalo digambar di badannya (ya iyalah, kalo punya tangan gimana cara masukkin juniornya?!). Boneka Matryoshkas tradisional itu adalah figur cewek Rusia lagi pake sarafan (baju cewek khas Rusia), dalemnya bisa cowok, dan yang paling kecil biasanya itu bayi. Boneka di dalam Matryoshkas yang terakhir ga bisa dibelah.

Macem2 Matryoshkas:


Matryoshkas versi politikus Rusia


Matryoshkas versi monsters


Matryoshkas versi non-KB


Matryoshkas versi pemain smack-down


Matryoshkas versi Halloween


Matryoshkas pake kain felt


Matryoshkas segede-gede bagong


Matryoshkas a la Vogue


Matryoshkas versi biksu-biksu Kamboja


Matryoshkas buat suvenir kimpoian


Matryoshkas versi panda


Matryoshkas versi pemadam kebakaran. Yang terakhir itu alat pemadam kebakaran yang ada di jalanan.


Matryoshkas versi Om Jacko. Yang terakhir itu idungnya dia.


Matryoshkas versi timnas Inggris. Ayo! Tebak nama-namanya sapa ajaa??!! Ane kasih petunjuk, yang pertama itu Michael Owen, itu ane


Matryoshkas versi gagal


Matryoshkas yang dijadiin speaker buat IPod

0 komen:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons